Jumat, 08 Maret 2013

Sumber Cahaya

Pukul 10.22 pagi. Di sebuah kelas tampak seorang guru tengah menguraikan pelajaraan Ilmu Pengetahuan Alam. Suaranya serak menenangkan siswanya yang tak mau diam di bangku pelajaran. Kelompok yang sudah terbentuk kacau balau tak beraturan. Peluh bercucuran membanjiri tubuhnya. Do’a dibatinkannya. Dia pasrah tak kuasa menghadapi suasana kelas yang sukar dikendalikan. Duduk lemas dan menatap satu persatu siswanya, hal itulah yang bisa diperbuatnya.

Waktu terus berjalan. Terlihat beberapa siswa berbisik-bisik sambil memperhatikan sang guru yang diam tak bersuara. Mendadak kelas hening. Sepertinya Sang Khalik mendengar jeritan hatinya. Kelas kembali bisa ditenangkan. Satu persatu siswa duduk rapi ditempat masing-masing. Sorot mata penasaran terhias di air wajah mereka. Diam-diam mereka menyimak lantunan pelajaran yang perlahan meluncur lewat lisan sang guru.
“Ada yang mau bertanya?”

Dengan wajah dilengkapi senyum, guru meminta siswa untuk berani bertanya. Tak ada yang mengacungkan tangan. Sang guru mengulangi pengajuannya pada anak didiknya. Ada tangan terangkat ragu-ragu. Dengan bahasa isyarat, dipersilahkannya si murid mengutarakan pertanyaannya.

“Saya, Pak ingin bertanya. Selain beberapa hewan dan matahari sebagai sumber cahaya alami, apakah ada tumbuhan yang juga bisa memancarkan cahaya!??”

Lagi-lagi senyum terukir manis di wajah guru. Ada kelegaan mengisi ruang dadanya hendak menghapuskan rasa penasaran siswanya. Namun, belum sempat guru menjawab pertanyaan Haris, secepat kilat mulut Isbat berkicau menjawab.

“Ada, euy! POHON YANG DIKASIH LAMPU NEON, Hahahaha”

Isbat ketawa mengikuti ucapannya sambil memegang perutnya.

“Woalah… Itu MAH NGACO namanya, Boys!” timpal Naufal dengan bibir manyun.

Seisi ruangan kelas sekolah dasar itu dipenuhi tawa hangat lagi mesra. Semua siswa memamerkan deretan giginya melalui tawa canda yang mereka ciptakan. Pun guru mereka, tak kalah terbahak-bahaknya mendengar alasan nyeleneh siswanya seakan lupa peristiwa sedih yang barusan menimpanya.

1 komentar:

silahkan tinggalkan kritik dan saran anda. dan mohon untuk menjaga tutur kata anda dalam berkomentar, no spam, no sara, Terima Kasih (o)

Popular Posts

Jika Menemukan Masalah Di Blog Ini. Komentar Disini

Unduh Adobe Flash player